KOMPAS.com – Ada banyak penyebab lemari es tidak dingin lagi. Salah satunya adalah kebiasaan yang salah dalam menggunakannya.

Memasukkan makanan yang masih panas ke dalam lemari es, misalnya. Hal ini dapat mengurangi kemampuan pendinginan lemari es.

Selain itu, Anda mungkin sering membiarkan pintu lemari es terbuka terlalu laa ketika sedang mengambil sesuatu. Padahal, tak ada salahnya jika Anda menutup dulu lemari es dan membukanya kemudian jika memang masih ada sesuatu hendak diambil.

Anda pun harus memastikan pintu lemari es tertutup rapat. Teliti lapisan karet pada pintu lemari es, apakah masih dalam keadaan baik atau tidak, sehingga udara dingin dalam lemari es tidak keluar.

Sebetulnya, cara termudah mengecek lapisan karet tersebut adalah dengan meletakkan selembar kertas di antara lapisan karet pintu dengan lemari es. Setelah pintu ditutup, cobalah untuk menarik kertas. Jika kertas tersebut lolos dengan mudah, berarti ada celah yang memungkinkan hawa dingin lemari es Anda keluar.

Ada cara lain untuk membuat lemari es lebih dingin. Anda mungkin sering menyimpan daging di dalam ruang pembeku lemari es, bukan? Sebelum mengolahnya, Anda tentu harus mencairkan (defrosting) daging tersebut terlebih dahulu. Anda dapat memindahkan daging dari ruang pembeku ke ruang pendingin (refrigerator) sehari sebelum diolah. Cara ini akan membuat proses pencairan daging lebih merata sekaligus membantu ruang pendingin menjadi lebih dingin.

Agar lemari es Anda tidak kotor dan berbau, jangan lupa untuk membersihkannya secara teratur. Keluarkanlah makanan yang sudah terlalu lama disimpan dan tidak dipergunakan lagi. Hal ini agar tidak mencemari makanan lainnya.

Aturlah penempatan makanan dan minuman sesuai tempatnya, jangan dicampuradukkan. Hasilnya, lemari es Anda akan bersih terawat dan yang pasti tetap dingin. (ACA)

Sumber :
Kompas Klasika