KOMPAS.com – Apa yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan muka dari kotoran dan kosmetik? Sebagian besar pasti memilih susu pembersih atau make-up remover. Namun, bila Anda sedang kehabisan dua produk tersebut, Anda bisa mencoba membersihkan muka dengan menggunakan minyak zaitun.

Mungkin Anda sedikit meragukan efektivitas minyak zaitun sebagai pembersih riasan wajah. Tetapi, coba ingat-ingat pelajaran kimia di sekolah, yang mengatakan bahwa bahan kimia akan mudah larut pada bahan yang memiliki sifat dan struktur kimia yang mirip dengan bahan tersebut. Make-up seringkali terbuat dari campuran minyak dan bahan lilin, karena itu larutan yang paling pas untuk menghapusnya dari wajah adalah minyak.

Bahan ini sebenarnya juga dilakukan oleh para ahli kosmetik untuk membuat berbagai produk make-up remover, atau pembersih muka yang berbahan dasar minyak. Pembersih muka yang berbentuk cair biasanya terbuat dari minyak murni dengan beberapa campuran bahan lain. Sedangkan pembersih muka yang berbentuk krim seperti susu pembersih dan krim dingin terbuat dari minyak yang dicampur dengan air, emulsifier, dan pengental.

Pembersih wajah standar tidak selalu mampu membersihkan make-up secara total, karena tidak berbahan dasar minyak. Umumnya pembersih wajah dirancang untuk menghilangkan kotoran dan minyak di permukaan wajah saja, dan tidak membersihkan secara keseluruhan. Untuk menghilangkan minyak kosmetik yang tertinggal di wajah, biasanya pembersih wajah menggunakan bahan seperti deterjen. Bahan seperti inilah yang sangat berbahaya untuk wajah. Karena meski mampu menghapus make-up, deterjen juga akan menghilangkan minyak alami pada wajah dan membuat kulit menjadi kering.

Semakin lembut bahan pembersih wajah, kemampuannya untuk menghilangkan minyak dan lilin dari kosmetik semakin berkurang. Sebaiknya, gunakan pembersih make-up yang mengandung minyak (oil base) atau gunakan saja minyak zaitun murni, agar wajah bersih sempurna dan tetap terjaga kelembabannya.