KOMPAS.com – Naik pesawat terbang, walaupun dalam jarak pendek seperti waktu tempuh satu jam, tetap terasa melelahkan. Apalagi jika duduk di kelas ekonomi maskapai LCC (low cost carrier). Jarak kursi yang sempit seringkali membuat kaki terasa pegal.

Jangan tanya, jika Anda harus melakukan perjalanan lama, lebih dari enam jam. Nah, berikut ini tips sederhana agar tetap segar selama berada di pesawat terbang.

Gosok gigi. Bersihkan badan di toilet bandara sesaat sebelum naik ke pesawat terbang. Bukan berarti Anda harus mandi besar di toilet bandara. Namun, tak ada salahnya Anda mencuci tangan, basuh muka, dan menggosok gigi. Tubuh pun akan terasa segar lebih lama.

Selain itu, kursi pesawat kelas ekonomi didesain sangat berdekatan. Setidaknya tubuh dan bau mulut yang wangi tidak akan mengganggu penumpang sebelah Anda. Ulangi lagi menggosok gigi setelah makan. Serta, membasuh muka beberapa jam sekali. Atau, gosok gigi dan basuh muka sesaat sebelum pesawat mendarat.

Minum air. Jaga agar tubuh Anda tidak dehidrasi. Udara di dalam pesawat terbang sangat kering, sehingga mudah membuat seseorang dehidrasi. Oleh karena itu, banyak-banyaklah minum air putih.

Sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol. Tak ada salahnya Anda membawa sendiri air minum mineral dalam kemasan botolan. Sehingga memudahkan Anda jika sewaktu-waktu ingin minum.

Bawa cemilan atau makanan. Beberapa maskapai tidak menyediakan makanan maupun sekedar cemilan untuk kelas ekonomi. Bawalah buah atau cemilan ringan dan sehat untuk menemani perjalanan.

Anda bisa memilih makanan yang tidak terlalu berat seperti roti gandum isi ham atau nasi merah dengan tumisan daging dan sayur. Pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat.

Jalan-jalan. Walaupun perjalanan hanya satu jam, bukan berarti Anda hanya duduk saja sepanjang perjalanan. Lakukan perengangan dengan berjalan-jalan sepanjang lorong di setengah jam pertama. Apalagi jika perjalanan Anda memakan waktu yang lama, maka lebih sering-seringlah berjalan, sekedar untuk meluruskan kaki.

Turunkan tegakan kursi. Di perjalanan lebih dari 5 jam, sesekali turunkan tegakan kursi Anda, agar tubuh Anda bisa dalam posisi lurus. Ingatlah untuk berhati-hati saat menurunkan tegakan kursi. Lihat kondisi penumpang di belakang Anda. Jangan sampai Anda menurunkan tegakan saat meja di belakang Anda sedang digunakan.

Pelembab. Jaga kelembaban tubuh Anda. Oleskan lotion ke wajah, tangan, atau anggota tubuh Anda lainnya setiap beberapa jam atau di saat Anda merasa kulit mulai kering. Di perjalanan yang lama, kulit tubuh akan terasa makin kering. Gunakan juga krim mata dan lip balm.

Tidur. Waktu yang panjang bisa Anda manfaatkan dengan tidur. Sehingga saat Anda terbangun, tubuh akan terasa lebih segar. Bawalah penutup mata untuk menghalangi sinar yang dapat mengganggu tidur Anda.